Pertanyaan-Pertanyaan yang HOT

Orang banyak tidak mengerti bahwasanya membuat soal sebuah ulangan itu bukan perkara mudah. Kebanyakan manusia yang bersekolah mengeluh karena ulangan di sekolah sangatlah sulit dan rumit, padahal menulis soalnya jauh lebih rumit lagi. Lah, kalau memang sama-sama susah kenapa tidak bubar jalan saja dan pergi bersenang-senang? Itulah, kadang banyak hal yang tidak ada dalam kendali kita dan hanya bisa mengikutinya seperti sebatang daun yang terbawa arus sungai.

Para guru memasuki fase ke-kasihan-an yang entah ke berapa, selain krisis finansial, kini mereka harus mulai menulis soal dengan ‘High Order Thinking’ Skill (Hot s). Itu maksudnya mengubah tipe pertanyaan yang diajukan saat ujian, yang awalnya hanya meminta siswa untuk ‘menyebutkan’ sesuatu, kini berubah menjadi ‘menganalisa’, ‘merumuskan’, ‘menalar’, dan lain lain, dan lain lain.

Sesungguhnya itu adalah suatu perkembangan yang sangat bagus, tidak mungkin siswa yang hanya jago menghafal akan bisa menjawab pertanyaan. Ada proses berpikir yang beda, menguji logika, dan menaikkan kemampuan berpikir. Termasuk gurunya.

Misal, dulu ada pertanyaan seperti ini dalam mata pelajaran IPA:

“Sebutkan urutan pertumbuhan ayam!”

Image result for urutan pertumbuhan ayam dari telur
Sumber: https://teguhtdodo.wordpress.com/2013/10/19/bahan-ajar-tematik-tema-kegiatan-kelas-iii-semester-1/

Dari gambar di atas, siswa akan menjawab seperti urutan yang ada di gambar

Tetapi soal seperti di atas sudah dianggap tidak asyik lagi, sekarang bentuk soalnya harus seperti ini:

“Sebutkan perbedaan urutan pertumbuhan ayam dan kucing!”

Terlihat kan perbedaannya? Pertanyaan kedua menuntut siswa untuk bisa membedakan urutan pertumbuhan hewan bertelur dan hewan beranak. Logika perbandingan harus mulai main.

Contoh lain, ini untuk IPS SMP:

“Tatang tinggal di kota Bandung, tepatnya di daerah Lembang. Lima tahun yang lalu, Tatang masih melihat banyak buruh tani kebun teh di sekitar rumahnya. Namun kini, para buruh tani tersebut berganti pekerjaan menjadi pegawai di tempat wisata. Apa yang menyebabkan hal itu terjadi?”

a. Gaji menjadi petani sangat kecil

b. Kebun teh banyak berganti menjadi tempat wisata

c. Penjualan teh sudah sangat menurun

d. Tanaman teh tidak berkembang dengan baik karena pengaruh iklim

Sekarang terlihat lebih jelas, ada penalaran yang lebih kompleks di sana. Siswa perlu menganalisa, menghubungkan sebab akibat dan lain sebagainya, sebelum akhirnya dia menarik kesimpulan. Lebih ribet, tapi lebih baik, setidaknya bisa mengurangi efek menjadi robot di sekolah. Oh iya, ngomong-ngomong jawaban untuk pertanyaan di atas adalah “b”.

Karena pertanyaan HOT itulah saya jadi menerka-nerka pertanyaan HOT  macam apa lagi yang bisa muncul di zaman ini untuk berbagai mata pelajaran. Berikut beberapa pertanyaan HOT yang saya buat dengan sompral dan tidak bertanggung jawab.

Pelajaran Pendidikan Agama Islam:

  1. Seluruh ciptaan Tuhan adalah makhluk, dan semua makhluk memiliki manfaat. Jelaskan dalam sebuah peta konsep mengenai manfaat kecoa terbang di alam semesta!
  2. Iblis menolak bersujud kepada Adam, mungkinkah Iblis berlaku demikian karena saking taatnya ia kepada Allah sehingga ia tak mau tunduk kepada selain-Nya? Jelaskan alasanmu!

PPKN:

  1. Seorang pejabat yang pernah terjerat korupsi mencalonkan diri menjadi caleg dalam Pilkada, komparasikan tingkatan moral pejabat tersebut dengan binatang yang ada di sekitar rumahmu!
  2. Tono sering membuang sampah sembarangan, ketika Ari menegurnya, Tono menjawab “Kan sudah ada tukang bersih-bersih.” Apa yang harus Ari lakukan?a. Membiarkannya

b. Mengikuti tindakan Tono

c. Menyekolahkan Tono lagi

d. Berkelahi dengan Tono

Olahraga:

  1. Perancis memenangkan Piala Dunia 2018 dengan sepakbola efektif, jelaskan peran Messi dan Ronaldo dalam kemenangan Perancis tersebut!
  2. Liga Indonesia sudah bergulir lama, tetapi sebelum liga usai, pejabat PSSI ikut pilkada di suatu daerah, apa yang bisa kita lakukan sebagai warga negara yang baik?

Bahasa Indonesia:

  1. Rani tumbuh besar di perkotaan, bahasa yang digunakan Rani sangat umum dan tidak baku. Jelaskan posisi kata “which is” yang sering Rani gunakan sehari-hari!

Matematika:

  1. Pepeng membeli nasi bungkus dengan harga Rp. 5000, kemudian ia bagikan makanannya untuk seorang pengemis di pinggir jalan. Jika Pepeng tidak mengharap apa pun sebagai imbalannya, uraikan pendapatmu tentang seberapa banyak nikmat Tuhan yang Pepeng dapat?

 

Nah mungkin itu sebagian kecil dari beberapa pertanyaan HOT yang dapat saya bayangkan, mungkin jika kamu punya pertanyaan lain, bisa kamu tuliskan di sini dan bisa kita jawab bersama-sama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *